Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII)

Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII), salah satu program studi di Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama. Berdasarkan; Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 137/D/O/2001, tanggal 2 Agustus 2001, mengenai Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Universitas Widyatama, diperkuat dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional – Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 12608/D/T/K-IV/2012, mengenai Perpanjangan Izin Program Studi Desain Multimedia Jenjang D-3 di Universitas Widyatama. Pada tahun akademik 2018/2019 ini, Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII), telah memasuki tahun ke-17 (tujuh belas belas) dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan SK Senat Fakultas Nomor 014/SK/G.02.02/FDKV-UTAMA/VII/2016

ditetapkanlah visi Program Studi Multimedia D-III.

 

Visi Program Studi Multimedia D-III adalah

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global

 

Misi program studi Multimedia D-III sebagai berikut :

1.Menyelenggarakan program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global.

2.Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.

3.Meningkatkan ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.

4.Membentuk relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.Melakukan kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

 

Tujuan Program Studi Multimedia D-III dijabarkan sebagai berikut:

1.Terselenggaranya program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global

2.Terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.

3.Terciptanya ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.

4.Terbentuknya relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.Terlaksananya kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

Akreditasi BAN PT (B)

Kompetensi Etika Lulusan

Sesuai dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan, Program Studi menyelenggarakan proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan dengan kompetisi sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang ber-etika dan profesional.
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Ahli Madya dalam bidang Multimedia.
  3. Memiliki daya responsif tinggi dalam menyikapi perubahan lingkungan serta berupaya tinggi untuk turut berkontribusi sesuai profesinya.
  1. Memiliki kemampuan teknis, artistik dan analisis.
  2. Memiliki kemampuan berfikir, bekerja, dan bertindak secara profesional dan sistematis sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya.
  1. Memiliki kemampuan dan motivasi untuk selalu mengembangkan potensi insani, berkontribusi positif dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, secara intelektual, sosial dan kultural, serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  1. Memilliki mental yang mandiri, kreatif dan berjiwa wirausaha sehingga dapat membuka atau mengembangkan usaha di sektor industri kreatif.
  1. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan pengetahuan dan keahlian bidang desain komunikasi visual untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi Desain Multimedia

Lulusan program studi Desain Multimedia (D-3)/ Fakultas Desain Komunikasi Visual/ Universitas Widyatama memiliki keunggulan yang telah teruji, yakni mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) profesional bagi industri kreatif. Lulusan tercatat dapat diandalkan pada beberapa stasiun TV swasta nasional maupun lokal di Indonesia, Rumah Produksi (Production House) dan sebagainya. Adapun keahlian/ kemampuan yang dimiliki lulusan program studi Desain Multimedia D-3/ Fakultas Desain Komunikasi Visual/ Universitas Widyatama, antara lain:

 

  • Kompetensi dalam Bidang Desain Komunikasi Visual

 

Lulusan memiliki kemampuan sebagai tenaga desainer dalam industri kreatif dan broadcast (pertelevisian) dengan konsentrasi dalam bidang profesi; producer, programdirector, video/film editor, cameraman, director of photography, script-writer, animator, flashmaker, web-site builder/visualizer/editor, dsb.

 

  • Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

 

Rata-rata lulusan memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif dengan nilai test TOEFL minimal 450 (listening, reading, structure). Nilai tersebut, merefleksikan kemampuan bahasa Inggris pada diri lulusan.

 

  • Penguasaan Informasi, Teknologi dan Aplikasi Komputer

 

Lulusan memiliki penguasaan aplikasi komputer; corel graphic, adobe photoshop, adobe dreamweaver, dan adobe premier, macromedia director, 3D max, dsb. Secara keseluruhan, mampu mengoperasikan aplikasi komputer dalam level advance, serta aware terhadap teknologi informasi dan pemanfaatan jaringan internet.

 

  • Modal Pengembangan Diri Lulusan

 

Lulusan program studi Desain Multimedia (D-3), dibekali dengan kemampuan untuk menjadi sumber daya manusia kreatif. Bekal tersebut merupakan landasan untuk membangun sikap creativepreneurship, yang mendorong lulusan berupaya menciptakan peluang usaha industri kreatif (biro desain/rumah produksi/Usaha kecil menengah) dan tidak bergantung pada ketersediaan lapangan kerja.