Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Sejarah

Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama pada awalnya bernama Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual Widyatama (STDKV Widyatama) berdiri pada tahun 1999.

Pada tahun 2001 berubah menjadi Fakultas Desain Komunikasi Visual seiring dengan pendirian Universitas Widyatama yang menggabungkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknik Widyatama, Sekolah Tinggi Bahasa Widyatama, serta STDKV Widyatama.

Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama mempunyai memiliki dua Program Studi, yaitu Program Studi Desain Grafis (D-IV) dan Program Studi Komputer Multimedia (D-III).

Program studi Komputer Multimedia (D-III) merupakan salah satu program studi pada Fakultas Desain Komunikasi Visual, di lingkungan Universitas Widyatama, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 137/D/O/2001, tanggal 2 Agustus 2001, mengenai Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Universitas Widyatama. Hal ini diperkuat dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional – Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 12608/D/T/K-IV/2012, mengenai Perpanjangan Izin Program Studi Komputer Multimedia Jenjang D-III di Universitas Widyatama.

 

Visi

Menjadi program studi D3 yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Profesional dalam bidang multimedia yang mempunyai kemampuan creativepreneur, character building, dan global business startup berbasis budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global pada tahun 2022.

Deskripsi

  1. Profesional dimaksud adalah lulusan yang memiliki kemampuan yang tinggi baik skill atau sikap dan berpegang teguh kepada nilai moral dan etika dunia kerja. Profesional tersebut juga ditunjukkan dengan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang creativepreneur, character building, dan global business startup dengan pengertian:
    1. Creativepreneur: lulusan memiliki kemampuan untuk memulai atau mendirikan bisnis dengan menggunakan ide kreatif khususnya dalam bidang multimedia. Untuk memenuhi profil lulusan tersebut dibekali dengan mata kuliah Enterpreneurship dan manajemen studio.
    2. Character Building: membangun sikap kemandirian, bertanggungjawab, dan kemampuan beradaptasi dalam lingkup dunia usaha dan industri bidang multimedia. Untuk memenuhi profil lulusan tersebut dibekali dengan mata kuliah: Kreativitas dan Humanitas, Kerja Profesi, Teknik Presentasi dan Protofolio dan Tinjauan Desain Multimedia.
    3. Global Business Startup: menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis untuk menjadi perusahaan rintisan dalam bidang desain multimedia baik tingkat nasional maupun internasional. Untuk memenuhi profil lulusan tersebut dibekali mata kuliah: Multimedia Proyek, Enterpreneurship, English For Business, dan Proses Komunikasi Publik.
  2. Berbasis budaya nusantara: menghasilkan lulusan yang mempunyai kepekaan serta mampu menggali nilai-nilai kelokalan, dengan diberikan mata kuliah: rupa dasar, Gambar Organis, dan Gambar Struktural.
  3. Wawasan global: Lulusan memiliki kemampuan untuk berfikir secara global dan mampu beradaptasi terhadap kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan bidang multimedia.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global.
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.
  3. Meningkatkan ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.
  4. Membentuk relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Melakukan kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

 

Tujuan

  1. Terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.
  2. Terciptanya ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.
  3. Terbentuknya relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Terlaksananya kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

 

Sasaran

Periode I (2010-2014)

Sasaran Periode I merupakan pemantapan dan pengembangan sumber daya manusia, sarana prasarana dan infrastruktur teknologi, serta metode pembelajaran untuk mendukung tercapainya visi dan misi Program Studi D3 Multimedia.

Periode II (2014-2018)

Sasaran Periode II diarahkan dalam pengembangan tata kelola Program Studi D3 Multimedia yang baik, peningkatan produktivitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai lulusan yang memiliki daya saing di tingkat nasional.

Periode III (2018-2022)

Sasaran Periode III ditujukan dalam penyempurnaan komponen-komponen pendidikan untuk mencapai program studi yang profesional dengan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan di tingkat global.

Kompetensi Lulusan Program Studi D3 Multimedia

Kompetensi Utama

  1. Mampu menguasai dasar-dasar fotografi untuk keperluan desain multimedia;
  2. Menguasai prinsip dan dasar-dasar animasi;
  3. Mampu membuat rancangan web dan user interface;
  4. Mampu menunjukan kemampuan wirausaha dengan latar Desain Multimedia;
  5. Memiliki kemampuan sebagai tenaga desainer dalam industri kreatif dan broadcast (pertelevisian) dengan konsentrasi dalam bidang profesi;
  6. Menguasai Software Animasi 2d dan 3d;
  7. Menguasai software editing Video.
  8. Menguasai konsep teoritis yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan serta mampu memformulasikan dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah;
  9. Mampu mengenal, menggunakan, dan menyajikan berbagai bentuk data untuk penyelesaian rancang media;
  10. Mampu mengenal dan mengidentifikasi masalah dalam bisnis yang berkaitan dengan Desain Multimedia;
  11. Mampu membuat penyelesaian sistem informasi berbasis teknologi informasi terkait permasalahan proses bisnis di dalam organisasi;
  12. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan Desain Multimedia dan dapat diposisikan ke dalam peta penelitian melalui pendekatan penelitian multidisiplin;
  13. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  14. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  15. Mampu menerapkan teknologi baru dan disesuaikan dengan bidang keilmuan Multimedia : interaction design, interface design;
  16. Mampu bekerja dalam lingkungan lokal dan global;
  17. Penguasaan Informasi, Teknologi dan Aplikasi Komputer : Adobe, 3Ds MAX
  18. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious;
  19. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika dan kepribadian yang baik;
  20. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

Kompetensi Pendukung

  1. Menguasai kemampuan menggambar manual;
  2. Menguasai kemampuan merancang layout;
  3. Menguasai komposisi bidang gambar;
  4. Menguasai penggunaan ilmu tipografi.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  8. Memiliki kreativitas, mampu melakukan inovasi, serta percaya diri dalam membuat karya-karya desain;
  9. Menjunjung tinggi nilai profesionalisme.

Kompetensi Pendukung Lainnya

  1. Menjaga etika desain;
  2. Mematuhi undang-undang yang berlaku terkait konten karya;
  3. Bekerja dalam tim

 

Fasilitas

lab

Laboratorium Komputer Dual System (Mac & Windows)

lab2

Laboratorium Editing & Dubbing

lab3

Studio Fotografi

lab4

Galeri

lab5

TV Kampus